Selasa, 09 Oktober 2018

CARA MEMBONGKAR DAN MEMBERSIHKA CVT Honda Beat

Cara bongkar komponen cvt honda beat fi

Niat ini berawal dari banyaknya keluhan pengguna motor beat setelah km 20 rb,suara di bagian cvt mulai kasar,suara klotok-klotok,kadang kletek-kletek,motor saya juga…Buka internet solusi banyak di mbah gougle, akhirnya saya coba untuk membongkar sendiri, karena sebagian peralatan belum punya maka saya putuskan untuk membuka cover CVT dulu menggunakan kunci shock 8.Setelah cover terbuka terlihat semua komponen CVT. dengan alat ukur sederhana yaitu sketmat platik sy ukur diameter pulley, lubang kembangan pulley,ukuran mur pulley depan dan belakang, setelah itu cover CVT saya tutup kembali. Langkah awal ini saya lakukan untuk mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuka pulley CVT. Akhirnya saya buat sendiri peralatan khusus/special tools yaitu alat penahan pulley dan alat penahan spring kopling untuk membuka nut clutch/mur kopling.Untuk kunci mur kopling 39/41 seperti gambar dibawah ini bisa beli di istana besi jurnathan semarang.

 

 

 

LANGKAH-LANGKAHNYA SEBAGAI BERIKUT:
Langkah pertama buka cover cvt menggunakan kunci shock 8

Langkah kedua buka pulley primer menggunakan kunci ring /kunci shock 22,bagian dalam pulley ditahan pakai baut

Langkah ketiga lepaskan face drive dan face comp.

 

Langkah keempat buka mur driven pulley(pulley belakang) dengan menggunakan kunci shock 19 dan  alat penahan pulley

Langkah kelima buka outer comp clutch dan kendorkan mur kopling jangan sampai lepas,menggunakan kunci mur kopling 39 dan ditahan pakai alat penahan pulley

Langkah keenam lepas pulley sekender dan belt. tahan per kopling dengan alat penahan per kopling lalu buka mur kopling pakai tangan tidak perlu pakai kunci karena sebelumnya sudah dikendorkan dilangkah kelima.


Setelah semua komponen cvt sudah dibuka lalu dibersihkan satu persatu,untuk permukaan pulley yang bersinggungan dengan belt,kopling dan rumah kopling jangan dibersihkan pakai bensin cukup dibersikan dgn lap kering yg bersih

 

komponen yang aus seperti: Roller Weight, Piece Slide, Pin Roller dan Drive Belt harus diganti

saat cvt sy bongkar km motor 24300 jadi pas waktunya ganti parts tsb.
Untuk biaya pembelian parts:Roller Weight,Piece Slide dan Drive Belt habis Rp.165000,kecuali Pin Roller Guide belum sy ganti karena cari part nya di semarang belum ada.Saat pemasangan ada bagian tertentu yg hrs dikasih grease jgn pakai sembarang grease ada grease khusus untuk cvt al: main shaft primer pulley dan sekender pulley,bush sliding pulley,roller pin guide,neddle bearing.

Demikian artikel ini sy buat untuk berbagi pengetahuan ttg cvt beat khususnya.Apabila ada yang kurang atau salah dalam artikel ini tentunya mohon dimaklumi karena sy masih belajar,sy bukan orang bengkel,hanya orang biasa yg tahu sedikit ttg teknik dan mekanik.Setelah cvt sy bongkar sindiri alhamdullah suara cvt jadi agak halus dan tarikan motor enak seperti motor baru,lumayan ngirit biaya….

12 komentar:

  1. ternyata cvt motor matic tidak serumit yang saya kira , gan

    BalasHapus
  2. Kalau crankase kiri beat karbu masuk nggak ke beat fi

    BalasHapus
  3. Cara beat karburator TDK boros

    BalasHapus
  4. Kalo mau bergerak belajar dan bekerja,, ternyata mudah2 aja ganti sparepartnya, gak serumit bayangan sebelumnya.

    BalasHapus
  5. gak kreatif materi jiplak

    BalasHapus
  6. Masih ga paham bos coba berlebih jelas informasi nya

    BalasHapus
  7. Good. Jangan katakan tidak sebelum mencoba

    BalasHapus